Cari

APA ITU MUDRA

Mudra, Gerakan Jari Tangan.


Apa itu mudra ?

Mudra adalah gerakan yoga tangan atau sikap tangan dan jari tangan yang berasal dari tradisi India kuno, yang pada prakteknya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan fisik serta kesejahteraan mental dan spiritual manusia. 


Tujuan paling utama dari mudra adalah untuk meningkatkan energi positif dalam jiwa manusia dan mendorong individu untuk menyadari kekuatan Ilahi. Mudra juga membantu menjaga tubuh agar bisa selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Selain memberi keuntungan spiritual, mudra juga dikenal bisa berguna untuk terapi penyembuhan. 


Sedangkan dalam yoga, mudra digunakan secara luas menyertai praktek asanas, pranayama, kriya, bandha dan meditasi. Terutama dipakai dalam praktek pranayama ( teknik pernafasan) karena mudra dipercaya dapat melancarkan masuknya aliran prana (energi) dalam tubuh.



Bagaimana mudra bekerja?


Ras manusia merupakan bagian penting dalam penciptaan Tuhan di alam semesta. Sesungguhnya, tubuh manusia didesain seperti alam semesta dengan kelima elemennya, yang disebut, Api, Udara, Tanah, Air dan Ruang. Ilmu pengetahuan tentang mudra didasarkan pada elemen-elemen tersebut.


Ibu jari mewakili elemen tanah: perut dan rasa khawatir.


Jari telunjuk mewakili elemen besi: paru-paru, usus besar dan emosi depresi, kesedihan, dan duka cita.


Jari tengah adalah elemen api: jantung, usus kecil, sistem sirkulasi dan pernafasan, emosinya adalah ketidaksabaran dan mengikuti kata hati.


Jari manis adalah elemen kayu: dihubungkan dengan liver, kantung empedu, sistem saraf, dan berhubungan dengan kemarahan.


Jari kelingking berhubungan dengan air: ginjal dan rasa takut. Sehingga jika kita diliputi dengan emosi, cukup dengan menekan jari-jari yang berkaitan beberapa kali dan kita akan menjadi lebih baik.


Diringkas dari today.line.me



Admin : halopejati.com


7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Pemacekan Agung

Rahinan Suci Pemacekan Agung Pemacekan agung memiliki makna, penguatan tapa terhadap godaan sang kala tiga sehingga sang kala tiga kembali kepada sumbernya, Dalam pengertian lain pemacekan agung sebag

Renungan Kehidupan

Sebuah tulisan yg Layak untuk direnungkan.. KETIKA WAKTUMU HABIS, MAKA AJALPUN TIBA Jangan pedulikan jasadmu yang akan busuk & hancur!!. Saudara dan sahabatmu akan melaksanakan kewajiban mereka: 1. M

©2018 by  halopejati.com I Pemilik : ARYA NUGRAHA