Cari

ENAM MUSUH DALAM DIRI MANUSIA

Sad Ripu adalah enam jenis musuh yang timbul dari sifat-sifat ashuba karma atau perbuatan yang tidak baik dalam diri manusia itu sendiri, yaitu :


Kama, sifat penuh nafsu indriya.


Lobha, sifat loba dan serakah.


Krodha, sifat kejam dan pemarah.


Mada, sifat mabuk dan kegila-gilaan yang dapat dinetralisir dengan melakukan puasa pada saat hari-hari suci.


Moha, sifat bingung dan angkuh.


Matsarya, sifat dengki dan irihati.


Dalam Tantri Kamandaka disebutkan :

"Dia yang tidak memiliki kesadaran, yang pikirannya tidak terkendalikan, yang indryanya tidak dapat diawasi, semuanya itu adalah laksana kuda-kuda binal bagi si kusir.


Tetapi ketika bathin kita makin bersih dan makin terkendali dari sad ripu ini, wujud Sukshma Sarira akan semakin lembut, semakin cerah dan semakin berpendar.

Dan ketika sad ripu lenyap dari bathin kita dan ketika kita mati, lapisan badan (sarira) ini akan terurai dan kita akan lahir di alam-alam yang luhur (alam para dewa).


Karena bagaimanapun jenis musuh dalam diri manusia tersebut harusnya dinentralisir dengan Tradisi Ngerebeg sebagai ritual penolak bala juga diyakini mempunyai makna sebagai upaya untuk menetralisir sifat negatif Sad Ripu manusia tersebut.


Dan dengan keteguhan hati, dengarlah kata-kata (nasihat) yang dapat membantu menaklukan para musuh di dalam diri. (Yajur 6.19)


Sumber: @sejarahharirayahindu

📸 picuki .com



#walaka #mepandes #sadripu #manusayadnya

#halopejati

#banten


Admin: halopejati.com







0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Manfaat Trisandya

Semoga kita semua bisa melaksanakan secara taat dan bertanggung jawab 🙏😇 Bahkan di dalam Ramayana, Sri Rama mempraktekkan Sandhya untuk memberi contoh kepada umat manusia. Pada Mahabharata, ada refe

Makna, filosofi dan banten kecil tumpek landep.

Om swastiastu Makna, filosofi dan banten kecil tumpek landep.. Ngiring diskusi tanpa saling menggurui, karena dibali ada yang dinamakan sima (desakalapatra ) Bagi warga Bali yang mayoritas Hindu memil

CATUR DASA AKSARA

CATUR DASA PITARA dari generasi ke generasi Ampura bukan untuk menggurui, jika ada yang kurang tepat dalam urutan puniki,mohon dikoreksi bersama 🙏🙏 Salam Berbagi 1. I Anak.. alahir buah karya dari b