Cari

Makna Dulang Dan Kegunannya

#repost

Dulang adalah simbol Yoni yang biasanya digunakan sebagai alas sampyan soda yang yang merupakan penunggalan Lingga Yoni sebagai simbol kekuatan Hyang Widhi.


Dan dalam pembuatan gebogan dan cane, penggunaan batang pisang ditancapkan diatas dulang yang bermakna sebagai persembahan kepada Tuhan agar pertemuan berjalan dengan lancar.


Dulang banyak ragamnya, salah satunya dalam mengenal makna gebogan dalam tradisi Hindu di Bali, dimana dalam kumparan disebutkan bahwa dulang merupakan sebuah tempat yang terbuat dari bahan kayu.


Mempunyai bentuk bundar, makin ke atas ukurannya makin mengecil. Sementara, pada bagian paling bawah ukurannya sebesar kepala sehingga pas untuk dijunjung.


Maka dari itu bentuk gebogan menjulang seperti gunung, makin ke atas makin mengerucut atau lancip.


Untuk bagian paling atas diletakkan canang dan sampiyan, sebagai wujud persembahan dan bakti kehadapan Tuhan sang pencipta alam semesta.


Sumber: Blog Sejarah Hari Raya Hindu

NB: Foto hanya ilustrasi

Sumber @sirahbaliinfo

Via @calonarang_punya_cerita

#adiluhungbudayebali

#calonarang_punya_cerita



Admin: halopejati.com

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Sehari Sebelum Hari Raya Suci Kuningan

Rahajeng Nyangra penampahan Kuningan Setiap enam bulan tepatnya pada jumat,wage kuningan disebut hari penampahan kuningan, dalam lontar sundarigama tidak disebutkannupacar A yang mesti dilakukan, hany

Pemacekan Agung

Rahinan Suci Pemacekan Agung Pemacekan agung memiliki makna, penguatan tapa terhadap godaan sang kala tiga sehingga sang kala tiga kembali kepada sumbernya, Dalam pengertian lain pemacekan agung sebag

©2018 by  halopejati.com I Pemilik : ARYA NUGRAHA