Cari

Pengertian dan Jenis-jenis Nitya Yadna


Nitya Karma atau nitya adalah yajna yang dilaksanakan setiap hari, seperti Tri Sandya dan Yajna Sesa. Yajña Sesa dilaksanakan setelah kita selesai memasak nasi dan sebelum makan.

Yajna sesa diaturkan kepada Bhatara-Bhatari di pemerajan Hyang Wisnu di Sumur (tempat penyimpanan air), Hyang Raditya di atap rumah, Hyang pertiwi dan Bhuta-bhuta di halaman rumah, penunggu karang di tugu, dan tempat- tempat lainnya yang dianggap suci..

Jenis-jenis Nitya Yajna

Pelaksanaan yajna yang dilakukan setiap hari meliputi banyak hal seperti:

1. Surya sewana (pemujaan setiap hari kepada Dewa Surya), pemujaan ini dilakukan oleh seorang sulinggih untuk mendapatkan kerahayuan alam semesta.

2. Ngejot (upacara saiban, biasanya setelah memasak hidangan). Yajña sesa yang dipersembahkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta manifestasinya, setelah memasak atau sebelum menikmati makanan. Tujuannya adalah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada-Nya.

Adapun tempat–tempat melaksanakan persembahyangan yajna sesa adalah sebagai berikut: Di atas atap rumah, di atas tempat tidur (pelangkiran), persembahan ini ditujukan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam prabhawa beliau sebagai ether (cahaya, materi yang memenuhi alam semesta) Di tungku atau kompor, dipersembahkan kehadapan Dewa Brahma. Di tempat air dipersembahkan kehadapan Dewa Wisnu. Di halaman rumah, dipersembahkan kepada Dewi Pertiwi..

Selain tempat-tempat tersebut, ada juga yang menyebutkan mebanten saiban dilakukan di tempat-tempat seperti berikut:

a. di tempat beras b. di tempat sombah c. di tempat menumbuk beras d. di tungku dapur e. di pintu keluar pekarangan (lebuh)

3. Melaksanakan Puja Tri Sandya (tiga kali sehari), yaitu tiga kali meng- hubungkan diri (sembahyang) kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Puja Tri Sandya merupakan bentuk yajna yang dilaksanakan setiap hari, dengan kurun waktu pagi hari, tengah hari, dan pada waktu senja hari untuk memohon anugerah-Nya..

4. Jnana yajna, persembahan ini dalam bentuk pengetahuan. Jñana yajna merupakan bagian dari panca maha yajna. Persembahan ini di tujukan kehadapan para maha rsi yang menerima wahyu Veda dari Tuhan dan beliau yang menyebarkan ajaran-ajaranNya kepada umat manusia..

Ngiring sareng-sareng belajar mangde pade uning..🙏🙏

Via : @mutiarahindu 📸: Pujashantidotweb (ilustrasi)

#pengetahuan #repost #hindudharma #yadna #taksubali #budayabaliadiluhung

Admin: halopejati.com

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Pentingnya Pelinggih Taksu di Merajan Pelinggih Taksu merupakan salah satu pelinggih yang ada di Sanggah Pemerajan . Sanggah Pemerajan dapat diartikan sebagai tempat suci bagi suatu keluarga tertentu.

Secara makna Hari Penyajaan, Artinya hari ini umat mengadakan Tapa untuk mencapai Samadhi melalui pemujaan kepada Ista Dewata. Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam lontar Sundarigama disebutk