Cari

Purnama Kapat

Petikan Lontar Sundarigama:

.

"Pada bulan Purnama Sasih Kapat (jatuh pada bulan Oktober) Ida Sang Hyang Widhi Wasa dinyatakan sedang beryoga diikuti oleh semua dewa. Karena itu semua orang suci seperti Pandita dan Pinandita hendaknya melaksanakan puja stuti, memuja Ida Sang Hyang widhi Wasa sebagaimana mestinya."

.

"Kepada para leluhur hendaknya disajikan banten suci sedangkan kepada Sang Hyang Ratih (bulan) agar dipersembahkan penek kuning, prayascita luwih dan pangresikan. Daging dalam penek kuning berupa ayam putih siyungan. Sedangkan banten yang disajikan di bawah adalah segehan agung asoroh."

.

"Pada waktu itu (hari ini), umat Hindu hendaknya melaksanakan bhakti dan muspa di Sanggah dan Pura masing-masing. Pada malam harinya agar dilaksanakan renungan suci berupa dhyana dan samadhi."

.

.

Dalam Purnama Kapat, matahari tepat pada garis katulistiwa. Matahari disebut dalam posisi majeg atau berada di atas ubun-ubun, ketika berada diatas ubun-ubun, itulah titik nol. Titik nol adalah simbul daripada sunya (hening) atau Nikşkala. (Tribun-Bali)

.

Photo: @madewedastra

Info : @filsafat_hindu



Admin: halopejati.com

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Renungan Kehidupan

Apakah pernah semeton berambisi untuk mengejar sesuatu, setelah berhasil lalu masih ada lagi yang harus semeton kejar dan semeton tidak akan bahagia jika belum memperolehnya? Apakah pernah semeton mer

©2018 by  halopejati.com I Pemilik : ARYA NUGRAHA