Cari

RAHAJENG RAHINA PENYAJAAN

Secara makna Hari Penyajaan, Artinya hari ini umat mengadakan Tapa untuk mencapai Samadhi melalui pemujaan kepada Ista Dewata.

Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam lontar Sundarigama disebutkan : “Pangastawaning Sang Ngamong Yoga Samadhi”.

Upacara ini dilaksanakan pada hari Senin Pon Dungulan.


Melalui Tapa, Brata/Upawasa, Yoga. Diharapkan manusia akan memiliki kemampuan Wiweka dan Winaya, yakni kemampuan manusia untuk dapat memilah kemudian memilih yang mana benar dan salah.


Secara ritual hari Peyajaan, juga dimaknai oleh umat untuk menyiapkan berbagai sarana pemujaan baik dari bahan janur, slepan, bambu dan utamanya berupa membuat kue (bahasa Bali: Jaja), yang akan dipakai saat Galungan, itu sebabnya hari ini juga disebut dengan Penyajaan (hari untuk membuat jaje).


Demikian dapat saya sampaikan secara singkat Makna Hari Penyajaan, semoga Sraddha dan Bhakti kita kian kokoh sehingga dapat Mengatasi Godaan Sang Kala Tiga Galungan. Manggalamastu.


Sumber Bacaan: tamanbali.desa

(Lontar Sundarigama)

oleh : I W. Sudarma (Jro Mangku Danu)

📸: Aeropay


Om Santih Santih Santih Om



Admin : halopejati.com

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Pentingnya Pelinggih Taksu di Merajan Pelinggih Taksu merupakan salah satu pelinggih yang ada di Sanggah Pemerajan . Sanggah Pemerajan dapat diartikan sebagai tempat suci bagi suatu keluarga tertentu.

Sugihan terdiri dari sugihan jawa dan sugihan bali. Makna utamanya bukan asal masyrakatnya yang bali asli ataupun bali campuran jawa,melainkan lebih ditekankan pada Penyucian pada Buana Agung ( macros