Cari

RAHINA TUMPEK LANDEP

Tumpek Landep adalah hari suci di mana kekuatan manifestasi Tuhan turun ke dunia dalam bentuk ketajaman pikiran, dalam memilih baik dan buruk kehidupan.

Dalam perayaan tumpek landep, umumnya yang distanakan pada hari itu ialah sang hyang siwa dan sang hyang pasupati..

Pasupati dimaksudkan sebagai pemujaan atau permohonan berkah kepada sang hyang pasupati agar diberikan keluatan magis pada benda yang akan di pasupati atau di keramatkan..

Tumpek landep adalah saat yang tepat, bagi mereka yang ingin nunas penugrahan untuk benda pusaka atau bagi mereka yang mendalami tatwa..

Umumnya yang dapat di pasupati ialah, keris, barong, rangda, rajahan, pratima serta penggunaan simbol simbol tertentu..

Pasupati ada tiga tingkatan upakara sederhana,untuk pelaksanaan upakara yg terkecil bisa dilakukan dirumah dengan mempasupati benda2 tertentu misalnya keris atau pratima dll..

Tingkat terkecil : Pejati, sesayut pasupati, prayascita

Tingkat kecil : Pejati, ayaban tumpeng 5 ditambah seekor ayam panggang, sesayut pasupati, byakala, prayascita,

Tingkat kecil II : Pejati, ayaban tumpeng 7, gebogan, ayam panggang 1 ekor, sesayut pasupati + 2 sesayut lainnya, byakala, prayascita, ada baiknya untuk tingkatan ini dipuput oleh pemangku untuk menetralisir kesalahan yang akan terjadi..

Mantra Pasupati

Om Sanghyang Pasupati Ang-Ung Mang ya namah svaha Om Brahma astra pasupati, Visnu astra pasupati, Siva astra pasupati, Om ya namah svaha Om Sanghyang Surya Chandra tumurun maring Sanghyang Aji Sarasvati tumurun maring Sanghyang Gana, angawe pasupati maha sakti, angawe pasupati maha siddhi, angawe pasupati maha suci, angawe pangurip maha sakti, angawe pangurip maha siddhi, angawe pangurip maha suci, angurip sahananing raja karya teka urip (3x) Om Sanghyang Akasa Pertivi pasupati, angurip " ( sebutkan benda yang akan dipasupati)” Om eka vastu avighnam svaha omSang-Bang-Tang-Ang-Ing-Nang-Mang-Sing-Wang-Yang-Ang-Ung-Mang Om Brahma pasupati Om Visnu Pasupati Om Siva sampurna ya namah svaha

Kemudian masukkan bunga ke dalam air yang telah disiapkan Dengan demikian maka air tadi sudah menjadi Tirtha Pasupati, dan siap digunakan untuk mempasupati diri sendiri dan benda-benda lainnya.

Sumber mantra : mangkupututka.blog.id 📸 : googleserach

Admin : halopejati.com

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Manfaat Trisandya

Semoga kita semua bisa melaksanakan secara taat dan bertanggung jawab 🙏😇 Bahkan di dalam Ramayana, Sri Rama mempraktekkan Sandhya untuk memberi contoh kepada umat manusia. Pada Mahabharata, ada refe

Makna, filosofi dan banten kecil tumpek landep.

Om swastiastu Makna, filosofi dan banten kecil tumpek landep.. Ngiring diskusi tanpa saling menggurui, karena dibali ada yang dinamakan sima (desakalapatra ) Bagi warga Bali yang mayoritas Hindu memil

CATUR DASA AKSARA

CATUR DASA PITARA dari generasi ke generasi Ampura bukan untuk menggurui, jika ada yang kurang tepat dalam urutan puniki,mohon dikoreksi bersama 🙏🙏 Salam Berbagi 1. I Anak.. alahir buah karya dari b