Cari

TRADISI NGENYIT LINTING

TRADISI NGENYIT LINTING

Di desa Tajen Br cepik Tabanan Bali terdapat tradisi yang namanya Ngenyit Linting atau menyalakan api dengan kapas dan minyak kelapa pada malam hari Raya Galungan..

Tradisi ini dilaksanakan pada sore menjelang malam atau saat SandiKala..

Linting ini biasanya menggunakan cawan keramik atau tanah liat sebagai tempat minyak kelapanya dan sumbunya menggunakan kapas, atau bisa juga dengan menggunakan kapas yang dililitkan pada sebuah batang bambu berukuran kecil tipis lalu direndam minyak kelapa sekiranya 20menitan , saat sandikala tiba linting siap dinyalakan di letakkan di merajan, rumah, bale atau setiap sudut pekarangan..

NGENYIT LINTING biasanya dilakukan oleh warga desa Tajen dan sekitarnya yang diyakini pada saat malam Hari raya Galungan para Leluhur yang telah meninggal dunia pulang Kerumah dan ngenyit linting diibaratkan sebagai lampu yang memberi cahaya pada leluhur., sebelum ngenyit linting biasanya dilaksanakan yang namanya tradisi ngejot/munjung atau maturan banten Saji untuk para leluhur yang telah meninggal dunia.. Lanjutan tradisi munjung/banten saji akan dipost di artikel selanjutnya..

Postingan ini dimuat bertujuan, agar tradisi,budaya bali semakin banyak semeton hindu dharma yang mengetahui, karena tidak semua desa melaksanakan tradisi Ngenyit Linting dan bisa juga sebagai bahan diskusi, bilamana ada perdaan cara atau penyampaian mohon dimaklumi,jika ada perbedaan boleh ditambahkan dikolom komentar..

salam Berbagi 🙏🙏🙏 Semoga tradisi ini tetap terjaga.

#tradisibali #budayabaliadiluhung #taksubali #sundihbali #ngenyitlinting #halopejati

📸 : Oleh fb : Diana Lah Nee

Admin: halopejati.com

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Otonan saniscara umanis medangsia

Otonan salah satu bagian upacara Manusia Yadnya, yan tujuanya untuk memperingati hari kelahiran manusia bagi umat Hindu di Bali, prosesi tersebut bertujuan untuk kemuliaan dan persembahan kesucian lah

PENGINGAT DIRI

Setiap detik seseorang pergi meninggalkan dunia ini. Kita pun berada dalam antrian itu, kita tidak tahu berapa orang di depan kita sebelum akhirnya giliran kita. Tidak bisa keluar dari antrian, tidak