Cari

Tumpek Landep

Diperbarui: 9 Apr 2021

RAHAJENG RAHINA TUMPEK LANDEP


Tumpek Landep adalah hari suci di mana kekuatan manifestasi Tuhan turun ke dunia dalam bentuk ketajaman pikiran, dalam memilih baik dan buruk kehidupan.


Dalam perayaan tumpek landep, umumnya yang distanakan pada hari itu ialah sang hyang siwa dan sang hyang pasupati..


Pasupati dimaksudkan sebagai pemujaan atau permohonan berkah kepada sang hyang pasupati agar diberikan kekuatan magis pada benda yang akan di pasupati atau di keramatkan..


Tumpek landep adalah saat yang tepat, bagi mereka yang ingin nunas penugrahan untuk benda pusaka atau bagi mereka yang mendalami tatwa..


Umumnya yang dapat di pasupati ialah, keris, barong, rangda, rajahan, pratima serta penggunaan simbol simbol tertentu..


Pasupati ada tiga tingkatan upakara sederhana,untuk pelaksanaan upakara yg terkecil bisa dilakukan dirumah dengan mempasupati benda2 tertentu misalnya keris atau pratima dll..


Admin : halopejati.com


4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Rangkuman dari postingan sebelumnya,kali ini yang trakhir terlebih mengenai pelinggih taksu natah.. Berpedoman pada Panca Maha Butha yaitu pembentuk tubuh manusia, yang kelimanya harus sempurna karen

Pelinggih Penunggun Karang atau juga disebut dengan Pengijeng Karang yang merupakan salah satu bangunan suci, dan Stana Ratu Made jelawung/ ratu made alang Kajeng. Beliau berada dibawah perintah Dewa