Cari

Tumpek Wayang dan Maknanya..

Om swastiastu

Sahabat halopejati


Tumpek Wayang merupakan salah satu hari raya suci Umat ​​Hindu yang dirayakan setiap 6 bulan sekali.


Tumpek Wayang adalah manifestasinya Dewa Iswara yang berfungsi untuk menerangi kegelapan, memberikan pencerahan ke hidupan di dunia dan juga mampu membangkitkan daya dan keindahan.


Dimana tumpek dari dua suku kata tum dan pek, tum itu kesucianya dan pek makna putus atau terakhir. Jadi tumpek adalah hari suci yang terjadi pada akhir Saptawara dan pancawara seperti Saniscara Kliwon Wayang disebutlah Tumpek wayang.


Tumpek Wayang juga bermakna "hari kesenian" karena hari itu secara ritualacaraacara (kelahiran) berbagai jenis seperti wayang, barong, rangda, topeng, dan berbagai jenis gamelan. Aktivitas ritual tersebut sebagai bentuk rasa syukur terhadap Sang Hyang Taksu sering disimboliskan dengan upacara kesenian wayang kulit, yang dikenal sebagai jumlah total seni atau teater.


RAHAJENG RAHINA TUMPEK WAYANG SEMETON HINDU SEDHARMA


Admin : halopejati.com

Foto : googlesearch



1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Rangkuman dari postingan sebelumnya,kali ini yang trakhir terlebih mengenai pelinggih taksu natah.. Berpedoman pada Panca Maha Butha yaitu pembentuk tubuh manusia, yang kelimanya harus sempurna karen

Pelinggih Penunggun Karang atau juga disebut dengan Pengijeng Karang yang merupakan salah satu bangunan suci, dan Stana Ratu Made jelawung/ ratu made alang Kajeng. Beliau berada dibawah perintah Dewa